Sistem Basic Mechanism of Disease (BMD) merupakan blok kedua pada tahun pertama Program Studi Pendidikan Dokter. Sistem ini disajikan pada blok kedua karena mahasiswa perlu menerapkan dan beradaptasi dengan metode belajar yang telah dipelajari pada blok sebelumnya. Selain itu, sistem ini disajikan lebih awal karena merupakan hirarki yang perlu dijalani sebelum membahas sistem-sistem organ.

Dalam sistem ini mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar ilmu kedokteran  meliputi  anatomi tubuh manusia, histologi, biokimia, fisiologi, patologi klinik, patologi anatomi, mikrobiologi, parasitologi dan gizi.

Sistem BMD menyajikan pembelajaran dengan metode pemberian mata kuliah oleh para pengampu yang terkait dengan system mekanisme dasar penyakit, tutorial sampai pleno disertai kegiatan praktikum yang disesuaikan dengan kompetensi yang sudah tercantum dalam SKDI (Standar Kompetensi Dokter Indonesia). Materi kuliah yang diberikan oleh para pengampu diusahakan agar mahasiswa dapat segera beradaptasi dari cara berfikir lebih kritis dan lebih aktif sebelum  masuk ke pembelajaran setiap system organ tubuh serta dilanjutkan dengan kegiatan tutorial dan kegiatan praktikum terkait.ambaran sistematika cara berpikir dalam menghadapi masalah.         

Penyusun mengharapkan Rencana Pembelajaran Semester ini menjadi panduan bagi system dan bagi para dosen ataupun staf pengajar yang terlibat di system BMD ini dalam memberikan materi atau memandu kegiatan proses pembelajaran baik itu kuliah, tutorial dan praktikuk saat system ini berlangsung sehingga dapat membantu mahasiswa dalam memahami mekanisme dasar/patofisiologi berbagai penyakit yang akan disajikan pada sistem selanjutnya.